Tuesday, January 1, 2019

Penjelasan 7 OSI Layer Dan Fungsinya

penjelasan dan macam macam osi layer.

Assalamualaikum rakan rakan semuanya pengunjung setia bibtechno😍 Kali ini kita akan bahas tentang Penjelasan 7 OSI Layer Dan Fungsinya. Bagi kalian semua yang baru mampir di blog kami bibtechno😍 jangan lupa untuk follow kami untuk informasi terupdate lainya seputaran tehnologi



OSI (Open System Interconnection) Layer merupakan lapisan – lapisan, Bentuk lapisan – lapisan inilah yang nantinya harus dilewati oleh paket data. Proses transmisi melewati OSI layer ini terjadi setiap kali paket data akan ditransmisikan, baik itu transmisi paket data dari server, serta transmisi paket data menuju client. Jadi, apabila bisa dilihat secara kasat mata, OSI layer terdapat di dalam computer server dan juga komputer client.


Berikut Ini Pengertian 7 Osi Layer Beserta Fungsinya 7 layer tersebut Yaitu:

1. Layer Application
Layer Applicastion ini adalah yang paling ‘cerdas’, gateway berada pada layer ini. Gateway melakukan pekerjaan yang sama seperti sebuah router, tetapi ada perbedaan diantara mereka (baca bagian berikutnya untuk informasi yang lebih jelas tentang kedua hal tersebut). Layer Application adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya. Layer Application adalah layer dimana user akan beroperasi padanya, protocol seperti FTP, telnet, SMTP, HTTP, POP3 berada pada layer Application. 
Contohnya: Gateway

Fungsiya Layer Application:

  • Menyajikan interface antara aplikasi dengan jaringan.
  • Mengatur bagaimana sebuah aplikasi mampu untuk mengakses jaringan.
  • Membuat pesan – pesan berupa kesalahan pada jaringan.
  • Menampilkan display dari sebuah jaringan.

Protocols Layer Application:
DNS-FTP-TFTP-HTTP-SMTP-NFS

2. Layer Presentation
Layer Presentation yaitu translasi dari berbagai tipe pada syntax sistem. Sebagai contoh, suatu koneksi antara PC dan mainframe membutuhkan konversi dari EBCDIC character-encoding format ke ASCII dan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Kompresi data (dan enkripsi yang mungkin) ditangani oleh layer ini.

Fungsi Layer Presentation

  • Bertanggung jawab bagaimana data dikonversi dan diformat untuk transfer data. Contoh konversi format text ASCII untuk dokumen, .gif dan JPG untuk gambar. Layer ini membentuk kode konversi, translasi data, enkripsi dan konversi.

Protokol pada layer Presentation:
-Redirectopr software
-Virtual Network Computing
-Remote Desktop Protocol

3. Layer Session
Layer Session Merupakan layer kelima pada model referensi OSI layer. Lapisan ini membuka, merawat, mengendalikan dan melakukan hubungan antar simpul. Pada layer ini data di transfer dengan jernih dan terkait antara satu dengan yang lain, tetapi kualitas data tersebut akan mengalami delay, through-put. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga mutu dari fungsi-funsi transport.

Fungsi Layer session

  • Bertanggung jawab untuk membentuk, mengelola, dan memutuskan session-session antar-layer diatasnya.
  • Kontrol dialog antar peralatan / node.
  • Koordinasi antar sistem-sistem dan menentukan tipe komunikasinya (simplex, half dulplex, full duplex).
  • Menjaga terpisahnya data dari banyak aplikasi yang menggunakan jaringan.

Protocols Layer Session:
NetBIOS-Names Pipes-Mail Slots-RPC

4. Layer Transport
Layer transport Merupakan layer keempat pada model referensi OSI layer. Layer ini mampu memberikan layanan berupa Multiduplexing dan Demultiduplexing, sehingga pada layer ini memungkinkan sebuah host dapat melayani lebih dari satu proses.

Fungsi Layer Transport

  • Melakukan segmentasi dan menyatukan kembali data yang tersegmentasi (reassembling) dari upper layer menjadi sebuah arus data yang sama
  • Menyediakan layanan tranportasi data ujung ke ujung.
  • Membuat sebuah koneksi logikal antara host pengirim dan tujuan pada sebuah internetwork
  • Bertanggung jawab menyediakan mekanismemultiplexing.
  • Multiplexing = teknik untuk mengirimkan danmenerima beberapa jenis data yang berbeda sekaligus pada saat yang bersamaan melaluisebuah media network saja.
Protocols Layer Transpor:
TCP - ARP - RARP - SPX - NWLink - NetBIOS / NetBEUI - ATP

5. Layer Network
Layer network Merupakan layer ketiga pada model referensi OSI layer. Layer ini berfungsi sebagai mengantarkan paket ketujuan, yang dikenal dengan Routing.
Layer ini mengontrol paket yang akan dikirim ke data link layer dengan cara mencari route yang paling murah dan cepat.

Fungsi Layer Network

  • Bertanggung jawab menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan, dan menjaga antrian trafik di jaringan.

Protocols:
IP - ARP - RARP - ICMP - RIP - OSFP - IGMP - IPX - NWLink - NetBEUI - OSI - DDP - DECnet

6. Layer Data Link
Layer data link Merupakan layer kedua pada model referensi OSI layer. Pada layer ini data diterima dari network layer berupa Paket yang kemudian diencapsulasi menjadi Frame, dengan memberikan layer-2 header. Dan kemudian dikirim ke phisycal layer untuk diteruskan ke penerima.
Pada penerima, layer ini mengubah Byte menjadi Frame, frame header akan dilepas (dekapsulasi), kemudian dikirim ke network layer menjadi Paket.

Fungsi Layer Data Link

  • Mengkomuninasikan bit ke bytes dan byte ke frame
  • Menerima perangkat media berupa MAC Addressing.
  • Deteksi error dan recovery error.
  • Menyediakan transmisi phisik dari data.
  • Menangani notifikasi error, topologi jaringan, flow control.

Protocols Layer Data Link
802.3 CSMA/CD (Ethernet)
802.4 Token Bus (ARCnet)
802.5 Token Ring
802.12 Demand Priority


7. Layer Physical
Layer physical Merupakan layer kesatu atau layer bawah pada model referensi OSI layer. Pada layer ini data diterima dari data link layer berupa Frame yang dan diubah menjadi Bitstream yang akan dikirim ketujuan berupa sinyal melalui media komunikasi.

Fungsi Layer Physical
-Bertanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media, seperti kabel, dan menjaga koneksi fisik antar sistem.
-Memindahkan bit antar devices.

Protocols
IEEE 802 (Ethernet standard)
IEEE 802.2 (Ethernet standard)
ISO 2110
ISDN

Cara Kerja 7 Model OSI
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, OSI memiliki beberpa layer atau lapisan, tepatnya adalah 7 lapisan layer OSI. Cara kerja dari ke 7 layer OSI ini adalah dua kali dalam setiap transmisi paket data di dalam sebuah jaringan, yaitu :

-Pada saat paket atau bit data ditransmisikan dari server ke dalam jaringan
-Pada saat paket ata bit data ditransmisikan dari jaringan ke dalam komputer client


Demikian pembahasan kali ini tentang Pengertian, penjelasan dan macam macam osi layer. semoga informasi diatas dapat memberikan lebih banyak manfaat dan menambah wawasan kepada kita semua. terima Kasih wassalam 🙏

Dukung Blog Ini dengan Klik Produk Kami di Bawah⏬⏬⏬⇩
Share:

0 comments:

Post a Comment