Thursday, December 13, 2018

Cara Bekerja Server Nama Domain


Bagaimana Server Nama Domain Bekerja



Jika Anda pernah menggunakan Internet , itu adalah taruhan yang baik bahwa Anda telah menggunakan Sistem Nama Domain , atau DNS , bahkan tanpa menyadarinya. DNS adalah protokol dalam rangkaian standar untuk bagaimana komputer bertukar data di Internet dan di banyak jaringan pribadi, yang dikenal sebagai protokol TCP / IP. Tugas dasarnya adalah mengubah nama domain yang ramah-pengguna seperti "howstuffworks.com" menjadi alamat Protokol Internet (IP) seperti 70.42.251.42 yang digunakan komputer untuk mengidentifikasi satu sama lain di jaringan. Ini seperti GPS komputer Anda untuk internet.

Komputer dan perangkat jaringan lain di Internet menggunakan alamat IP untuk merutekan permintaan Anda ke situs yang Anda coba jangkau. Ini mirip dengan menghubungi nomor telepon untuk terhubung ke orang yang Anda coba hubungi. Namun, berkat DNS, Anda tidak perlu menyimpan alamat alamat IP Anda sendiri. Sebaliknya, Anda hanya terhubung melalui server nama domain , juga disebut server DNS atau server nama , yang mengelola database besar yang memetakan nama domain ke alamat IP.

Apakah Anda mengakses situs Web atau mengirim e-mail , komputer Anda menggunakan server DNS untuk mencari nama domain yang Anda coba akses. Istilah yang tepat untuk proses ini adalah resolusi nama DNS , dan Anda akan mengatakan bahwa server DNS menyelesaikan nama domain ke alamat IP. Misalnya, ketika Anda memasukkan "https://www.howstuffworks.com" di browser Anda, bagian dari koneksi jaringan termasuk menyelesaikan nama domain "howstuffworks.com" ke alamat IP, seperti 70.42.251.42, untuk Web HowStuffWorks ' server.

Anda selalu dapat mem-bypass pencarian DNS dengan memasukkan 70.42.251.42 langsung di browser Anda (cobalah). Namun, Anda mungkin lebih mungkin mengingat "howstuffworks.com" saat Anda ingin kembali nanti. Selain itu, alamat IP situs web dapat berubah seiring waktu, dan beberapa situs mengaitkan beberapa alamat IP dengan satu nama domain.

Tanpa server DNS, internet akan mati dengan sangat cepat. Tapi bagaimana komputer Anda tahu apa yang menggunakan server DNS? Biasanya, ketika Anda terhubung ke jaringan rumah Anda , penyedia layanan Internet (ISP) atau jaringan WiFi, modem atau router yang menetapkan alamat jaringan komputer Anda juga mengirimkan beberapa informasi konfigurasi jaringan penting ke komputer atau perangkat seluler Anda. Konfigurasi itu mencakup satu atau lebih server DNS yang harus digunakan perangkat saat menerjemahkan nama DNS ke alamat IP.

Sejauh ini, Anda telah membaca tentang beberapa dasar-dasar DNS yang penting. Sisa dari artikel ini menyelam lebih dalam ke server nama domain dan resolusi nama. Bahkan termasuk pengantar untuk mengelola server DNS Anda sendiri. Mari kita mulai dengan melihat bagaimana alamat IP disusun dan bagaimana itu penting untuk proses resolusi nama.

Anda baru mengetahui bahwa pekerjaan utama dari server nama domain, atau server DNS, adalah menyelesaikan (menerjemahkan) nama domain menjadi alamat IP. Kedengarannya seperti tugas sederhana, dan itu akan menjadi, kecuali untuk poin-poin berikut:




Ada miliaran alamat IP yang saat ini digunakan, dan sebagian besar mesin memiliki nama yang dapat dibaca manusia juga.

Server DNS (secara kumulatif) memproses miliaran permintaan di Internet pada waktu tertentu.

Jutaan orang menambahkan dan mengubah nama domain dan alamat IP setiap hari.

Dengan begitu banyak yang harus ditangani, server DNS bergantung pada efisiensi jaringan dan protokol Internet. Bagian dari keefektifan IP adalah setiap mesin di jaringan memiliki alamat IP yang unik baik dalam standar IPV4 dan IPV6 yang dikelola oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Berikut ini beberapa cara untuk mengenali alamat IP:


  • Alamat IP dalam standar IPv4 memiliki empat angka yang dipisahkan oleh tiga desimal, seperti pada: 70.74.251.42


  • Sebuah alamat IP dalam standar IPv6 memiliki delapan angka heksadesimal (basis-16) yang dipisahkan oleh titik dua, seperti pada tahun 2001: 0cb8: 85a3: 0000: 0000: 8a2e: 0370: 7334. Karena IPv6 masih merupakan standar yang sangat baru, 


  • Setiap nomor dalam nomor IPv4 disebut "oktet" karena ini adalah basis-10 yang setara dengan angka 8-digit base-2 (binary) yang digunakan dalam routing lalu lintas jaringan. Misalnya, oktet yang ditulis sebagai 42 merupakan singkatan dari 00101010. Setiap angka dalam bilangan biner adalah penampung untuk kekuatan tertentu dari 2 hingga 2 7 , membaca dari kanan ke kiri. Itu berarti di 00101010, Anda memiliki masing-masing 2 1 , 2 3 dan 2 5 . Jadi, untuk mendapatkan basis-10 yang setara, tambahkan saja 2 1 + 2 3 + 2 5 = 2 + 8 + 32 = 42. Untuk lebih lanjut tentang bagaimana alamat IP dibangun,


Hanya ada 256 kemungkinan untuk nilai setiap oktek: angka 0 hingga 255.

Alamat dan rentang tertentu ditetapkan oleh IANA sebagai alamat IP yang dicadangkan , yang artinya mereka memiliki pekerjaan spesifik dalam IP. Misalnya, alamat IP 127.0.0.1 dicadangkan untuk mengidentifikasi komputer yang sedang Anda gunakan. Jadi, berbicara dengan 127.0.0.1 hanya berbicara sendiri!

Dari mana alamat IP komputer Anda berasal? Jika kita berbicara tentang komputer desktop atau laptop Anda , itu mungkin berasal dari server Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) di jaringan Anda. Tugas server DHCP adalah memastikan komputer Anda memiliki alamat IP dan konfigurasi jaringan lain yang dibutuhkan saat Anda online. Karena ini "dinamis," alamat IP untuk komputer Anda mungkin akan berubah dari waktu ke waktu, seperti ketika Anda mematikan komputer Anda selama beberapa hari. Sebagai pengguna, Anda mungkin tidak akan pernah memperhatikan semua ini terjadi. Lihat bilah sisi di halaman ini untuk petunjuk tentang di mana menemukan alamat IP yang ditetapkan untuk komputer atau perangkat seluler Anda.


  • Server web dan komputer lain yang membutuhkan titik kontak konsisten menggunakan alamat IP statis . Ini berarti bahwa alamat IP yang sama selalu ditetapkan ke antarmuka jaringan sistem saat online. Untuk memastikan bahwa antarmuka selalu mendapatkan alamat IP yang sama, IP mengaitkan alamat dengan alamat Kontrol Akses Media (MAC) untuk antarmuka jaringan tersebut. Setiap antarmuka jaringan, baik kabel dan nirkabel, memiliki alamat MAC unik yang tertanam di dalamnya oleh pabrikan.


Untuk informasi lebih lanjut tentang alamat IP, lihat IANA , yang dioperasikan oleh Perusahaan Internet untuk Nama dan Nomor yang Ditugaskan (ICANN).
Share:

0 comments:

Post a Comment